Sabtu, 01 Juni 2013

7 Alasan Tidak Takut Menulis



Ketika penulis pemula berhadapan dengan tulisannya, salah satu yang menjadi masalah adalah ia kerap membandingkan mutu tulisannya dengan mutu tulisan penulis berpengalaman. Hal ini memicu sikap pesimistis dan ketakutan pada penulis pemula tersebut untuk memublikasikan karyanya. Berikut tujuh alasan mengapa kita tidak perlu takut untuk menulis.

1. Kamu bisa saja menulis apa pun, jangan berpikir baik atau buruk. Jika pun itu buruk menurut orang lain, jangan ambil pusing. Itu karyamu.

2. Mereka pembaca. Kalau mereka tidak suka, itu hak, toh pilihan dan selera tidak akan pernah sama, bukan? Jangan berhenti hanya sebab beda.

3. Jika kamu ingin semua orang menyukai karyamu, sama saja dgn berharap semua orang menyukai dangdut. Itu mustahil. Kamu jangan takut buruk.

4. Jika kelewatan mereka menghina, suruh mereka menulis hal yang luar biasa. Sebab biasanya, yang suka menghina itu bukan penulis hebat.

5. Kalau kamu ketahui dia adalah penulis (mau hebat atau tidak), lihatlah prosesnya. Jika dia lebih lama, itu wajar karyamu tak sebagus dia.

6. Kalau dia lebih telat memulainya, lihat di mana dia belajar, bagaimana karya dia. Ada orang yg asal berteori, tanpa ilmu. Jangan peduli.

7. Akhirnya, kamu hanya perlu terus berada dalam proses. Jangan cepat puas apalagi menyerah. Jangan kaku dan terpaku. Ciptakan gaya baru.

sumber: https://twitter.com/nazar_shahalam

0 komentar:

Posting Komentar